Tips Pemakaian Aplikasi Lapor Pajak Online secara Aman dan Lancar

  • Whatsapp
Tips-Pemakaian-Aplikasi-Lapor-Pajak-Online-secara-Aman-dan-Lancar
Foto dari Canva

Saat ini wajib pajak semakin dipermudah dengan adanya layanan aplikasi lapor pajak online. Aplikasi ini hadir mempermudah proses pelaporan pajak secara fleksibel dari mana saja kapan saja. Wajib pajak juga tak perlu lagi sibuk mengantre datang langsung ke KPP untuk mengurus proses lapor pajak. Semua kini bisa dilakukan secara praktis dan lebih hemat waktu.

Penggunaan Aplikasi Pelaporan Pajak

Namun penting untuk diketahui bahwa pemakaian aplikasi ini harus dilakukan secara cermat. Proses pelaporan pajak membutuhkan tahapan yang penting dan harus tepat. Kesalahan dalam pemakaian aplikasi ini bisa menyebabkan kesalahan data pelaporan pajak. Berikut adalah beberapa tips aman dan mudah pemakaian aplikasi lapor pajak:

Read More

1. Pastikan Koneksi Internet Lancar

Tips pertama, pastikan dulu koneksi internet yang Anda gunakan lancar jaya. Salah satu kunci utama keberhasilan lapor pajak secara online adalah koneksi internet. Jika internet bekerja dengan lancar maka proses pelaporan ini juga akan berjalan dengan baik sesuai ketentuan yang berlaku.

Sebaiknya gunakan internet untuk mengakses website lainnya. Jika sudah dipastikan bekerja lancar silakan langsung mulai proses pelaporan pajak secara online. Saat koneksi internet tidak lancar, maka proses pelaporan pajak bisa berhenti di tengah jalan dan hal ini dapat menimbulkan kekacauan.

2. Gunakan Peramban yang Tepat

Disarankan untuk memilih jenis peramban atau browser yang tepat. Jika Anda menggunakan aplikasi berbasis website maka bisa dipilih browser seperti Mozilla Firefox dan Google Chrome. Jika aplikasi yang dipakai harus di-install terlebih dahulu di perangkat maka pastikan saja untuk melakukan instalasi dengan benar agar aplikasi dapat diakses.

3. Pastikan Nomor HP dan Email Aktif

Terlebih dahulu pastikan bahwa nomor HP dan alamat email Anda dalam kondisi aktif. Ketika melakukan pelaporan pajak secara online, Anda akan diminta menyerahkan data nomor HP dan alamat email. Keduanya akan digunakan untuk proses verifikasi sehingga statusnya harus aktif.

Setelah nanti Anda berhasil membuat laporan dan menyimpan SPT, Anda bisa meminta kode verifikasi. Kode verifikasi ini dapat dikirimkan lewat email maupun SMS. Jika sudah didapatkan kode verifikasi maka tinggal dimasukkan ke kolom yang tersedia agar pengiriman SPT bisa berjalan.

4. Siapkan Data yang Dibutuhkan

Tips penggunaan aplikasi lapor pajak online berikutnya adalah siapkan semua data yang dibutuhkan. Sebelum membuka aplikasi dan memulai proses pelaporan, sangat disarankan untuk mempersiapkan semua data terlebih dahulu. Jenis data pendukung yang dibutuhkan dalam proses pengisian laporan pajak pun sangat beragam. Jika sudah disiapkan di awal maka Anda tak akan ribet mencari data lagi.

Tentu Anda harus menyiapkan kartu identitas, NPWP, bukti potong pajak, daftar harta, daftar utang, dan lain sebagainya. Letakkan semua data pendukung yang dibutuhkan di dekat jangkauan Anda agar bisa mudah diakses saat proses pelaporan. Jangan baru mulai mencari dokumen pendukung tadi begitu Anda mulai mengisi data laporan pajak.

5. Masukkan Data secara Cermat

Ketelitian selama proses input data laporan pajak online sangatlah penting. Pastikan Anda memasukkan semua data secara tepat dan benar-benar sesuai dengan dokumen aslinya. Masukkan saja sata secara perlahan-lahan dan lakukan pemeriksaan ulang untuk memastikan bahwa semua data yang dimasukkan tadi sudah benar.

Proses pemeriksaan ulang sangat penting untuk dilakukan saat Anda membuat laporan pajak secara online. Dalam tahap pemeriksaan ulang ini Anda bisa tahu apakah ada data yang salah atau tidak. Itulah mengapa proses pelaporan pajak online sebaiknya dilakukan saat Anda benar-benar punya waktu luang dan bisa mengisi data dengan tenang.

6. Klik Opsi Keluar setelah Selesai

Setiap kali Anda selesai mengakses aplikasi pelaporan pajak online, pastikan untuk selalu klik menu keluar. Apalagi jika Anda menggunakan aplikasi berbasis website. Dengan klik menu keluar artinya anda menjamin keamanan data yang sudah dimasukkan tadi. Apabila terjadi kendala selama proses pelaporan, coba saja langsung menghubungi KPP setempat.

Itulah tadi tips penggunaan aplikasi lapor pajak online mudah dan aman. Sebenarnya aplikasi ini sangat bermanfaat dan benar-benar mempermudah para wajib pajak. Namun pemakaiannya memang harus sangat cermat agar tidak terjadi kesalahan yang membuat status laporan menjadi tidak valid.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *