Mengintip Bahaya Insomnia Untuk Kesehatan Yang Wajib Anda Tahu

  • Whatsapp
Mengintip-Bahaya-Insomnia-Untuk-Kesehatan-Yang-Wajib-Anda-Tahu
Foto dari Canva Pro

Insomnia adalah gangguan tidur yang hampir semua orang pasti pernah mengalaminya. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor seperti stres, jet lag hingga diet yang dapat mempengaruhi kemampuan seseorang untuk mendapatkan waktu tidur yang berkualitas. Gangguan ini akan sangat berbahaya jika terjadi secara terus menerus, apalagi dalam jangka lama. Berikut simak beberapa bahaya insomnia untuk kesehatan yang wajib anda tahu .

Bahaya Penyakit Insomnia Untuk Kesehatan Tubuh

1. Peningkatan Risiko Gangguan Mental

Setelah seharian penuh berkegiatan diluar rumah, tentunya tubuh akan membutuhkan waktu untuk beristirahat dan menenangkan pikiran. Ketika anda memiliki gangguan susah tidur, maka hal tersebut dapat menyebabkan depresi dan membuat risiko gangguan mental anda meningkat. Depresi dapat dihindari dengan mengatur jam tidur anda menjadi lebih baik. Gangguan mental yang timbul akibat kurang tidur berupa kebingungan, cemas hingga frustasi.

Read More

2. Penuaan Dini

Kebanyakan orang pasti pernah mengalami gangguan kulit pucat hingga mata bengkak akibat kurang tidur selama beberapa malam. Ketika anda kurang tidur, maka tubuh melepas banyak hormon stres kartisol yang dapat memecah kolagen kulit. Selain itu, kurang tidur juga dapat menyebabkan tubuh melepaskan terlalu sedikit hormon pertumbuhan manusia. Jika anda sering mengalami insomnia terus menerus, maka wajah anda akan terlihat lebih tua sebelum waktunya.

3. Obesitas

Bahaya insomnia selanjutnya yaitu dapat menyebabkan obesitas. Faktanya, kurang tidur dapat membuat nafsu makan meningkat dan memungkinkan obesitas. Tidak hanya dapat merangsang nafsu makan, kurang tidur juga dapat merangsang keinginan untuk mengonsumsi makanan tinggi lemak dan karbohidrat. Oleh sebab itu, ketika anda mengalami gangguan susah tidur ada baiknya jika anda mengontrol hal tersebut untuk menghindari obesitas.

Masih banyak lagi bahaya dari gangguan insomnia yang lebih membahayakan jika dilakukan terus-menerus. Oleh karena itu, anda harus selalu menjaga pola tidur anda agar tubuh tidak mudah terserang penyakit. Itulah beberapa bahaya dari insomnia yang dapat menyerang tubuh. Idealnya anda memerlukan waktu 7-8 jam untuk beristirahat agar tubuh anda tetap sehat. Kesehatan merupakan suatu hal yang sangat mahal, sehingga harus selalu dijaga.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *