Kenali Ciri-Ciri Ekimosis yang Sering Terjadi

  • Whatsapp
Kenali-Ciri-Ciri-Ekimosis-yang-Sering-Terjadi
Foto dari Canva.com Photos Unlimited

Ekimosis merupakan pendarahan ataupun tanda pecahnya pembuluh darah pada kulit. Biasanya hal ini sering kali muncul pada anak kecil yang bergerak aktif, Ekimosis merupakan tanda dari kapiler yang pecah ataupun ruptur. Ciri-ciri ekimosis ditandai  dengan warna biru keunguan, ekimosis juga tergantung pada usia dan seberapa buruk cedera yang diderita.

Penyebab Terjadinya Ekimosis

Pernahkan Anda menemukan bercak keunguan di bagian tubuh Anda? Jika iya, bisa jadi itu adalah ekimosis. Ekimosis terjadi ketika darah bocor keluar dari pembuluh darah ke lapisan kulit. Lalu apa saja penyebab terjadinya ekimosis?

Read More

1. Benturan

Ekimosis sering terjadi pada bagian lengan dan kaki, karena kedua bagian tubuh tersebut berpeluang besar mengalami benturan. Jika kaki atau lengan Anda menabrak sesuatu yang keras maka ekimosis bisa terbentuk. Darah yang tidak bisa keluar dari pembuluh darah yang menyebabkan ekimosis terjadi.

2. Kelainan  Trombosit

Ketika darah tidak bisa keluar ke permukaan kulit maka darah akan terjebak di bawah kulit. Sel darah yang disebut trombosit akan bergabung dengan protein (faktor pembekuan) untuk membentuk suatu gumpalan. Gumpalan inilah yang akan menyumbat pembuluh darah yang rusak dan menghentikan perdarahan sehingga terjadi ekimosis.

3. Kelainan Pembuluh Darah

Pembuluh darah adalah salah satu bagian dari sistem sirkulasi di dalam tubuh manusia. Jika terjadi masalah pada pembuluh darah maka akan memungkinkan kesehatan Anda terganggu. Pembuluh darah berperan penting untuk transportasi darah, pembuluh darah juga berkontribusi kepada pengendalian tekanan darah.

Ketika pembuluh darah pecah dan darah tidak bisa keluar ke permukaan kulit, biasanya akan menyebabkan ekimosis yang ditandai dengan warna keunguan di bagian tubuh tertentu. Namun, kondisi ini juga bisa disebabkan oleh penyakit yang lebih serius.

4. Tulang Keseleo

Tulang keseleo juga bisa menyebabkan ekimosis. Hal ini terjadi karena pada saat tulang keseleo ada kemungkinan pembuluh darah dibawah kulit pecah. ekimosis juga bisa muncul setelah terjadi keseleo akibat tulang yang berputar atau berguling tiba-tiba sehingga memaksa sendi keluar dari posisi normal.

Munculnya ciri-ciri ekimosis di bagian tubuh biasanya bukanlah kondisi yang serius. Namun jika ekimosis banyak sekali muncul di bagian tubuh Anda sebaiknya periksakan diri Anda pada dokter. Dokter akan melakukan diagnosis dan menentukan penanganan yang tepat untuk menangani kondisi Anda.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *