Jangan Tunggu Gigi Berlubang Baru di Rawat, Ini 5 Langkah Menghindarinya

Gigi adalah salah satunya organ penting pada badan manusia yang berperan untuk memangkas serta merusak makanan, hingga gampang ditelan secara baik. Gigi yang berlubang dapat mengganggu kesenangan saat makan. Oleh karena itu, Anda butuh lakukan langkah-langkah perawatan gigi teratur untuk menghindarkan gigi berlubang.

Di bawah ini ialah lima langkah gampang perawatan gigi yang dapat Anda kerjakan untuk memperhatikan kesehatan gigi agar terlepas dari gigi berlubang:

1. Sikat gigi sesudah makan

Mungkin Anda seringkali dengar jika menggosok gigi semestinya dikerjakan 2x satu hari, yakni waktu bangun tidur serta sebelum tidur. Tetapi sebetulnya, untuk menahan gigi berlubang, dianjurkan menggosok gigi paling tidak setiap saat usai makan, serta janganlah lupa untuk bersihkan gigi dengan benang gigi. Namun, jika Anda tidak dapat menggosok gigi tiap sesudah makan, paling tidak berkumurlah dengan air untuk hilangkan tersisa makanan di mulut.

2. Membersihkan gigi dengan berkumur

Tidak hanya menggosok gigi, berkumurlah memakai cairan pembersih mulut. Berkumur cukup ampuh untuk hilangkan plak serta bakteri dari dalam mulut. Berkumur tidak kalah utamanya dengan menggosok gigi.

Plak membuahkan asam pemicu gigi berlubang, yang bila dibiarkan dapat mengganggu gusi. Pada akhirnya, bukan sekedar gigi yang memiliki masalah, dan juga gusi Anda. Dengan berkumur, sisi mulut yang tidak terwujud oleh sikat gigi bisa dibikin bersih.

3. Pakai pasta gigi yang memiliki kandungan fluoride

Gigi Anda membutuhkan perlindungan dibagian enamel gigi. Enamel sendiri adalah susunan terluar gigi. Fluoride akan membuat perlindungan gigi Anda dari senyawa asam yang bisa mengakibatkan kehancuran gigi, dengan menahan bakteri pada plak menghasilkan zat asam. Fluoride dapat juga menolong melakukan perbaikan susunan enamel hingga memperkokoh perlindungan gigi.

Tetapi untuk beberapa anak, dianjurkan konsultasi terlebih dulu ke dokter gigi, untuk tahu batas aman pemakaian pasta gigi yang memiliki kandungan fluoride pada anak. Sebab bila terlalu berlebih, fluoride pun tidak baik untuk kesehatan gigi anak Anda.

4. Jauhi makanan pemicu gigi berlubang

Lakukan langkah-langkah perawatan gigi di atas kurang bila Anda tidak menghindarkan makanan pemicu gigi berlubang. Contohnya makanan manis serta makanan yang bisa melekat di sela gigi Anda (contohnya permen, kue, coklat, serta keripik). Saat Anda mengosumsi makanan atau minuman manis, bakteri di mulut akan menghasilkan asam yang bisa mengakibatkan kerusakan susunan enamel gigi Anda.

Tidak hanya menghindarkan makanan penyebab gigi berlubang, makanlah makanan yang baik untuk kesehatan gigi, seperti sayuran, buah, susu, keju, serta air putih. Anda dapat juga ganti permen kegemaran Anda dengan permen karet yang bisa menolong bersihkan tersisa partikel makanan dari dalam mulut.

5. Kontrol kesehatan gigi serta mulut dengan teratur ke dokter

Lakukan kontrol gigi teratur dapat jadi salah satunya langkah untuk menghindarkan gigi berlubang serta adalah langkah perawatan gigi yang baik. Dengan kontrol gigi teratur, masalah pada gigi bisa terdeteksi lebih dini hingga lebih gampang diatasi. Bila pada kontrol dijumpai jika gigi rawan berlubang, dokter akan memberi perlindungan lebih pada gigi berbentuk sealant. Sealant ialah jaket pelindung gigi yang berperan membuat perlindungan enamel gigi dari zat asam serta plak yang bisa mengakibatkan kehancuran gigi.

Lakukan perawatan gigi tidak harus menanti sampai gigi alami kehancuran, busuk atau sampai mengganggu kesenangan waktu makan. Awalilah memperhatikan kesehatan gigi serta mulut Anda dengan teratur lakukan perawatan gigi di atas. Diluar itu, jauhi makanan yang bisa mengakibatkan kerusakan gigi, sebab bukan sekedar dapat mengganggu kesehatan gigi Anda, tetapi dapat juga mengganggu kesehatan badan Anda.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *