Ini Dia Perbedaan Keputihan Tanda Haid dan Hamil

  • Whatsapp
Ini-Dia-Perbedaan-Keputihan-Tanda-Haid-dan-Hamil
Foto dari Canva

Keputihan merupakan kondisi yang sangat familiar bagi seorang wanita. Biasanya keputihan ini terjadi menjelang masa menstruasi atau haid. Namun ternyata keputihan juga bisa menjadi salah satu tanda bahwa tubuh wanita sedang hamil. Inilah perbedaan keputihan tanda haid dan mau hamil yang bisa Anda kenali agar bisa mendeteksi kondisi tubuh sedini mungkin.

Perbedaan Tanda Keputihan

Memang benar jika secara keseluruhan tanda-tanda haid dan hamil itu hampir sama. Namun Anda harus bisa memahami seperti apa perbedaan dua kondisi tersebut agar tahu kondisi tubuh yang sesungguhnya. Berikut ini adalah beberapa perbedaan keputihan sebagai tanda haid dan kehamilan:

Read More

1. Volume

Perbedaan pertama yang bisa dideteksi dari kondisi keputihan haid dan hamil adalah volume. Volume keputihan sebagai tanda kehamilan biasanya akan jauh lebih banyak dibandingkan tanda haid. Perlu diketahui bahwa keputihan dalam dua kondisi ini sebenarnya adalah tanda yang normal. Keputihan tersebut berfungsi untuk mencegah bakteri atau virus masuk ke dalam rahim.

Namun perlu diketahui bahwa volume keputihan yang terlalu banyak juga bisa jadi sebuah tanda bahaya. Jadi perlu diawasi dan dikendalikan dengan sebaik mungkin agar bisa ditangani oleh dokter jika ada tanda-tanda bahaya. Apalagi jika warna keputihan sudah berubah menjadi tidak normal.

2. Tekstur

Sebenarnya tekstur ini cukup sulit untuk dideteksi karena sulit jika hanya diamati. Namun jika Anda memang ingin memastikan maka tekstur bisa jadi salah satu indikator. Keputihan sebagai tanda kehamilan umumnya memiliki tekstur yang lebih kental. Jika Anda mengalami keputihan dengan tekstur yang lebih kental dan terjadi satu sampai dua minggu setelah pembuahan maka segera lakukan pemeriksaan.

3. Warna

Inilah perbedaan keputihan tanda haid dan mau hamil yang cukup mudah untuk diamati. Keputihan tanda hamil biasanya memiliki warna yang cenderung lebih putih. Sementara itu keputihan sebagai tanda awal haid biasanya berwarna lebih kuning. Urusan warna ini juga harus diperhatikan dengan baik karena warna keputihan yang abnormal bisa menjadi salah satu tanda penyakit berbahaya.

Keputihan yang berwarna kehijauan dan disertai bau tidak sedap biasanya menjadi salah satu tanda infeksi jamur di dalam vagina. Tentunya jika Anda menemukan warna keputihan yang abnormal seperti ini, jangan ragu untuk segera melakukan pemeriksaan. Semakin dini diketahui penyebabnya maka akan semakin mudah untuk diatasi.

4. Waktu Muncul

Perbedaan lain yang mendasari keputihan tanda haid dan tanda hamil adalah waktu kemunculannya. Jika keputihan tersebut merupakan tanda haid, maka mudah saja Anda bisa melihat jadwal haid Anda dan menyesuaikannya. Sementara itu keputihan tanda kehamilan akan muncul biasanya 1 sampai 2 minggu setelah terjadi pembuahan dan volumenya bisa bertambah seiring meningkatnya usia kehamilan.

5. Tanda Lainnya

Keputihan yang merupakan tanda hamil biasanya akan disertai dengan sinyal-sinyal lainnya. Memang ada banyak sekali tanda kehamilan yang bisa Anda kenali untuk memastikan kondisi Anda hamil atau tidak. Mulai dari mual dan muntah, Payudara membengkak, tubuh mudah lelah, dan lain sebagainya. Jika ada dukungan tanda-tanda yang sebelumnya tidak Anda alami menjelang haid maka segera lakukan pemeriksaan dengan test pack sebelum pergi ke dokter.

Inilah perbedaan keputihan tanda haid dan mau hamil yang perlu Anda pahami dengan baik. Tentunya jika Anda paham apa perbedaan keduanya maka akan lebih mudah untuk mengenali kondisi diri. Segera pastikan dengan test pack dan kunjungi dokter kandungan untuk memastikan kondisi yang sebenarnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *