Ini Dia Jenis Asuransi yang Sebaiknya Disiapkan untuk Anak!

  • Whatsapp
Ini-Dia-Jenis-Asuransi-yang-Sebaiknya-Disiapkan-untuk-Anak
Foto dari Canva Pro

Masa depan anak merupakan hal yang senantiasa diprioritaskan setiap orang tua. Tak heran, jika berbagai persiapan pun dilakukan untuk membiayai kebutuhan anak, termasuk memilih asuransi di Indonesia terbaik sebagai proteksi sang buah hati.

Ada banyak jenis asuransi yang bisa dipilih untuk menunjang kehidupan sang anak. Namun, ada dua jenis yang paling direkomendasikan, yakni asuransi jiwa dan asuransi pendidikan.

Read More
  • Asuransi jiwa

Memberikan layanan yang akan melindungi nasabah secara finansial dari risiko-risiko seperti cacat total hingga meninggal dunia. Uang pertanggungan yang diberikan dapat digunakan ahli waris, dalam hal ini anak, untuk mencukupi kebutuhannya di masa yang akan datang. Jangka waktu yang diberikan asuransi jiwa pun relatif panjang, sehingga cocok dipilih sejak anak masih kecil.

Nah, untuk meringankan biaya premi, pelajari syarat serta ketentuan yang diajukan. Nasabah yang usianya masih di bawah 35 tahun biasanya akan mendapatkan biaya lebih murah, sebab dianggap belum terlalu riskan seperti nasabah yang umurnya lebih tua.

  • Asuransi pendidikan

Hampir sama dengan asuransi jiwa, jenis asuransi ini membantu ahli waris dari segi finansial saat nasabah menghadapi risiko seperti cacat total sampai meninggal dunia. Bahkan asuransi pendidikan dapat membantu orangtua yang kena PHK atau telanjur pensiun saat sang buah hati masih duduk di bangku sekolah.

Biasanya, biaya yang disediakan asuransi pendidikan tak hanya meliputi iuran dan biaya gedung. Tapi juga biaya untuk membeli peralatan tulis, seragam, buku, dan hal-hal yang berkaitan dengan sekolah. Tentu saja, asuransi pendidikan ini dapat membantu meringankan beban orangtua untuk membayar dana pendidikan anak-anaknya, terlebih biaya pendidikan di Indonesia meningkat rata-rata kenaikannya per tahun, yakni 10% sampai 15%.

Itulah dia beberapa jenis asuransi yang cocok dipilih untuk anak. Mengurus asuransi untuk anak terkadang memang terbilang rumit, khususnya saat usia anak masih berada di bawah umur. Anda harus mempertimbangkan risiko seperti meninggal dunia yang nantinya akan menyulitkan klaim kalau Anda atau pasangan yang memegang langsung asuransi tersebut. Pasalnya, jika Anda dan pasangan sama-sama mengalami kejadian yang tidak diinginkan seperti meninggal dunia, misanya, tentu anak akan kesulitan untuk mengajukan klaim. Maka dari itu, Anda harus menunjuk wali orang dewasa atau pengacara yang bisa dipercaya untuk mengajukan klaim.

Perhatikan pula jumlah anak dan masing-masing usia mereka. Faktor ini akan memengaruhi Anda mengambil asuransi jiwa yang jenisnya cukup beragam. Kemudian, Anda juga harus membeli asuransi jiwa untuk melindungi diri dari risiko seperti kehilangan pekerjaan, terkena kecelakaan yang menyebabkan cacat maupun meninggal dunia.

Jika Anda menemukan kesulitan untuk memilih asuransi atau mengatur besaran premi, diskusikan bersama konsultan profesional supaya kehidupan anak dapat terjamin dalam jangka waktu lama.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *