Bisakah Kirim Makanan ke Luar Negeri?

  • Whatsapp
Bisakah-Kirim-Makanan-ke-Luar-Negeri
Foto dari Canva Pro

Orang Indonesia yang tinggal di luar negeri, pasti sering mengalami homesick dan ingin melepas rindu dengan segala hal berbau Indonesia. Anda yang memiliki rekan atau keluarga di luar negeri bisa mengobati rasa rindu mereka dengan mengirimkan paket makanan. Dijamin paket makanan sampai ke penerima dengan aman tanpa risiko rusak selama mematuhi aturan yang berlaku. Ongkir ke Singapore untuk paket makanan memang lebih mahal, tetapi sebanding dengan kepuasan yang keluarga atau teman Anda dapatkan.

5 tips mengirim paket makanan ke Singapura

Mau mengirim paket makanan yang lebih awet seperti rendang, bumbu atau sambal, kenapa tidak? Selama Anda mengetahui prosedur pengiriman paket makanan ke luar negeri, maka pengiriman paket makanan bisa sampai ke tangan penerima dengan baik. Perhatikan 5 poin penting dalam mengirim paket makanan ke Singapura yaitu :

Read More

1. Memastikan pengemasan lebih aman

Anda harus mengecek pengemasan lebih aman atau sesuai prosedur pengiriman makanan ke luar negeri. Gunakan plastik yang tahan gores, tidak mudah bocor atau memiliki kualitas yang benar-benar baik, lalu dibungkus dengan kardus atau bubble wrap yang lebih aman. Jenis makanan pun tidak mudah busuk selama proses pengiriman ke luar negeri.

2. Memiliki berat maksimal 5 kilogram

Paket makanan akan dikirimkan lewat penerbangan sehingga Anda harus tahu bahwa paket tidak boleh lebih dari lima kilogram per Airway Bill, ya! Ongkir ke Singapore bisa disesuaikan dengan berat paket per resi yang Anda kirimkan ke penerima di Singapura.

3. Makanan harus memiliki masa kadaluarsa

Masa kadaluarsa yang lama, jenis makanan tidak mudah basi atau busuk menjadi syarat utama paket makanan yang Anda kirimkan ke luar negeri.

4. Ketahui jenis makanan yang terlarang dikirim

Ada beberapa jenis makanan yang tidak boleh dikirim ke luar negeri sehingga Anda harus menghindari pengiriman paket ini. Jenis makanan yang terlarang antara lain makanan mentah, mengandung babi, permen karet, sayuran, dan buah segar. Eksportir boleh mengirim sayuran dan buah-buahan segar asal sudah memenuhi prosedur ekspor barang ke luar negeri, termasuk pengurusan dokumen pendukung.

5. Membuat keterangan yang jelas

Paket yang akan dikirim membutuhkan dokumen sehingga Anda harus memberi keterangan yang jelas mengenai isi paket tersebut. Jangan sampai paket Anda gagal dikirim karena produk tidak sesuai ketentuan pihak ekspedisi. Meski Anda menuliskan makanan, tetapi isinya berupa jengkol atau petai mentah, maka risiko paket Anda tidak bisa terkirim sangat besar.

Kini Anda bisa mengirim camilan atau makanan khas Indonesia pada keluarga atau teman yang berada di luar negeri. Ongkir ke Singapore kompetitif asal Anda tidak mengirimkan paket terlarang melalui pengiriman udara, ya! Mau mengirim paket makanan berisi camilan seperti kerupuk, mie lidi, kacang-kacangan, dan lain-lain, kenapa tidak?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *