7 Langkah Mencegah Korsleting, yang Sering Jadi Penyebab Kebakaran

Buat kamu yang memiliki rumah yang seringkali dibiarkan, tentu seringkali merasakan cemas jika berlangsung suatu hal. Khususnya, korsleting listrik yang bisa mengakibatkan kebakaran.

Kebakaran yang dikarenakan dengan arus listrik yang pendek bukan sekedar bisa bikin rugi dengan material saja, tapi juga bisa menibulkan korban jiwa.

Tetapi, korsleting listrik bisa dijauhi dari pertama. Dimana Kamu harus cari tahu terlebih dulu bagaimanakah cara mencegahnya, di bawah ini panduan supaya terlepas dari korsleting listrik.

  1. Berikan pemasangan instalasi rumah/bangunan pada instalatir yang tercatat jadi anggota AKLI (Assosiasi Kontraktor Listrik Indonesia) serta tercatat di PLN. Dengan legal instalasir memiliki tanggung jawab pada keamanan instalasi.
  2. Tidak merubah keadaan alat kWh mtr. atau MCB (Miniature Sirkuit Breaker) sendiri sebab membahayakan.
  3. Jauhi menumpuk steker atau colokan listrik kebanyakan pada satu tempat (stopkontak) sebab sambungan semacam itu akan terus-terusan menumpuk panas yang pada akhirnya bisa menyebabkan korsleting listrik.
  4. Pakailah perlengkapan listrik yang penuhi standard SNI serta ukuran yang pas.
  5. Jauhkan perlengkapan listrik dari benda yang gampang terbakar seperti gas serta kertas.
  6. Jangan biarkan perlengkapan elektronik seperti tv, laptop, charger hp, serta yang lain menancap kelamaan dihentikan kontak.
  7. Rawatlah instalasi listrik dengan periodik (jika sangat mungkin ubahlah semua jalan instalasi tiap 5 tahun sekali) untuk tahu jika berlangsung kehancuran pada kabel atau perlengkapan listrik, contohnya isolasi yang terbuka pada sambungan.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *