5 Pekerjaan Sampingan Mahasiswa Tanpa Resiko Besar

  • Whatsapp
5-Pekerjaan-Sampingan-Mahasiswa-Tanpa-Resiko-Besar

Menjadi mahasiswa sekaligus karyawan bukanlah sesuatu yang mustahil meskipun dikerjakan dalam waktu yang bersamaan. Hidup sebagai seorang mahasiswa sepertinya tidak cukup jika mengandalkan uang dari orang tua. Keadaan yang demikian membuat mahasiswa harus mencari uang tambahan dengan pekerjaan sampingan. Beberapa pekerjaan sampingan yang dapat Anda lakukan mulai dari online shop, pelayan restoran, pembuatan software kasir toko, dan masih banyak lagi.

Pekerjaan Sampingan untuk Mahasiswa

Bekerja sambil kuliah merupakan solusi yang paling mungkin dalam mencari tambahan uang saku, beli buku, dan biaya semesteran. Kehidupan mahasiswa mengajarkan kita semua bagaimana cara berpikir kritis dalam mencari solusi permasalahan keuangan. Gaya hidup mahasiswa dengan keperluan yang banyak pun membuat kita memutar otak dalam mencari pekerjaan sampingan.

Read More

Nah, di bawah ini akan diuraikan pekerjaan sampingan yang cocok untuk mahasiswa.

1. Ojek Online

Mahasiswa yang mencari pekerjaan sebagai ojek online bukanlah hal yang asing lagi, mengingat pekerjaan ini waktunya sangat fleksibel. Dalam hal ini, Anda dapat bekerja di sela-sela waktu menunggu dosen, istirahat, dan sehabis pulang kuliah. Waktu bekerjanya pun dapat Anda tentukan sendiri tanpa mengganggu aktivitas kuliah. Daripada waktu Anda terbuang sia-sia, sebaiknya isi waktu tersebut dengan bekerja sampingan menjadi ojek online.

2. Usaha Rumahan

Bisnis rumahan seperti menjual makanan ringan dapat menjadi salah satu pilihan Anda dalam mencari uang tambahan untuk kuliah. Bisnis rumahan ini mudah dijalankan dan minim risiko, sehingga Anda terhindar dari kerugian.

Dalam mencari makanan apa yang akan dijual bisa dengan melakukan mini research tentang resep makanan rumahan yang mudah dibuat. Di internet juga terdapat banyak resep yang mudah Anda buat dan penjualannya pun tidak sulit serta sesuai dengan kriteria jajanan mahasiswa.

3. Memanfaatkan Sosial Media untuk Bisnis Online

Sebagai mahasiswa usia milenial, Anda dapat memanfaatkan sosial media untuk bisnis online. Apabila bisnis online ini Anda kelola dengan baik, maka akan mendapatkan profit yang menggiurkan. Platform sosial media yang dapat Anda gunakan untuk melakukan promosi bisa dimulai dari Instagram, Twitter, dan Facebook. Anda juga bisa memanfaatkan e-commerce ternama dalam menjual produk dan menjangkau pasar yang luas.

4. Memanfaatkan Bakat yang Anda Punya

Apabila Anda punya kemampuan tertentu, hal itu bisa menjadi batu loncatan dalam mencari pekerjaan sampingan. Bekerja sesuai dengan bakat biasanya tidak membutuhkan modal yang besar atau bahkan tanpa modal. Contohnya Anda hobi menggambar dan memiliki kemampuan desain, maka Anda bisa buka jasa pembuatan desain. Begitupun dengan bakat dan minat lainnya yang dapat Anda jadikan sebagai penghasilan tambahan semasa kuliah.

5. Daftar Affiliate

Apabila Anda tidak punya produk apa yang akan dipasarkan untuk mencari penghasilan tambahan, maka Anda bisa coba mendaftar afiliasi e-commerce tertentu. Anda bisa memanfaatkan software kasir toko untuk memaksimalkan pendaftaran afiliasi tersebut.

Melalui e-commerce Anda bisa menjadi dropshipper, sehingga pekerjaan Anda hanya tinggal mempromosikan produk. Selain melalui e-commerce, Anda bisa daftar afiliasi untuk menjual domain dan hosting dengan penghasilan yang tentunya menggiurkan.

Nah, demikianlah beberapa pekerjaan sampingan yang dapat Anda coba semasa kuliah. Bekerja sambil kuliah itu memberi pengalaman yang luas untuk bekal Anda setelah lulus kuliah nanti. Bekerja dengan memanfaatkan software kasir toko dapat memberikan pengalaman bekerja yang nyata. Dengan demikian, Anda tidak merasa kaku lagi ketika beradaptasi dengan lingkungan pekerjaan baru nantinya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *