5 Cara Mudah Mengatasi Nyeri Sendi Dan Otot Tanpa Obat

5-Cara-Mengatasi-Nyeri-Sendi-Dan-Otot-Tanpa-Obat
Foto dari Canva

Melakukan aktivitas yang berat dan padat sehari-hari, dapat menimbulkan nyeri sendi dan otot. Jikalau nyeri sendi dan otot sudah kumat, tentunya membuat Anda merasa tidak nyaman. Keadaan tersebut sering membuat banyak orang tersiksa dan menggunakan berbagai macam obat pereda rasa nyeri dalam mengatasinya. Namun penggunaan obat terutama dalam jangka waktu yang lama, dikhawatirkan akan menimbulkan efek samping. Padahal terdapat salah satu cara untuk menghilangkan nyeri sendi dan otot tanpa bantuan obat yaitu dengan menggunakan alat tens fisioterapi. Yakni terapi yang menggunakan arus listrik aliran rendah ke dalam syaraf yang sakit, sehingga rasa nyeri dapat berkurang.

Selain itu terdapat pula beberapa cara mengatasi nyeri sendi dan otot tanpa obat, ingin tahu apa saja? Simak artikel di bawah ini ya.

Read More

1. Kompres Air Dingin

Cara pertama yang paling mudah dilakukan ialah mengompres air dingin pada bagian sendi dan otot yang sakit. Hindari menempelkan bongkahan es baru secara langsung pada permukaan kulit, karena rasa dinginnya dapat membuat iritasi. Sebaiknya ambil beberapa bongkahan kecil es batu, kemudian masukan dalam plastik bening, dan balut dengan kain handuk kecil baru kemudian tempelkan ke area yang diinginkan. Kompres dengan air dingin selama beberapa menit, atau sampai rasa sakitnya reda. Air dingin dapat membantu meredakan nyeri otot secara perlahan.

2. Mengonsumsi Minyak Ikan dan Kunyit

Kandungan omega 3 yang terdapat pada ikan-ikanan dapat mengurangi nyeri sendi dan otot. Mengonsumsi suplemen minyak ikan secara rutin juga dapat digunakan untuk mengurangi radang sendi. Selain minyak ikan kandungan curcumin pada kunyit juga berfungsi sebagai Pereda nyeri karena mengandung banyak zat antioksidan dan anti pembengkakan.

3. Hindari Aktivitas Berat

Agar nyeri otot dan sendi Anda cepat membaik, sebaiknya Anda harus menghindari aktivitas fisik yang berat dahulu untuk sementara waktu. Meskipun harus menghindari aktivitas fisik yang berat, bukan berarti Anda tidak berolahraga. Lakukanlah olahraga sederhana yang mudah dilakukan seperti jogging, berenang dan yoga untuk melenturkan otot-otot yang kaku.

4. Melakukan Pijat

Cara selanjutnya yang banyak orang lakukan dan ampuh ialah melakukan pijat. Pijat mampu melemaskan otot-otot sendi yang kaku akibat aktivitas padat sehari-hari. Pijat juga dapat meredakan rasa nyeri. Pastikan Anda melakukan pijat pada orang yang terampil, maupun tempat kepercayaan Anda. Bukan hanya pijat saja, namun malakukan mediasi juga dipercaya dapat merelaksasikan pikiran dan otot-otot yang tegang. Selain dapat meredakan nyeri, melakukan mediasi juga dapat mengurangi tingkat stress.

5. Tens Fisioterapi

Cara yang terakhir ialah membeli alat terapi tens. Terapi ini dilakukan dengan mesin berukuran kecil. Mesin ini berfungsi menghantarkan arus listrik bervoltasi rendah ke dalam system saraf atau area yang sakit. Terapi ini aman, dan Anda dapat mengontrol intensistas, durasi, dan frekuensi sesuai dengan keinginan Anda.

Itu dia beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi nyeri sendi dan otot tanpa obat. Semoga artikel ini dapat membantu, tetap selalu jaga kesehatan dan selalu terapkan pola hidup sehat dari sekarang.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.